Thursday 23 August 2012

fungsi toolbar penting autocad 2006


Fungsi toolbar penting autocad 2006
Draw


Draw adalah toolbar terpenting yang harus kita pasang di tampilan autocad. Karena toolbar draw bagaikan sebuah pensil ketika kita menggambar manual dengan tangan. Dan berikut fungsi masing2 toolbar tersebut urut dari kiri ke kanan :

Dimension


Di toolbar dimension kita bisa memasukkan angka ukur sesuai keinginan kita. Misal kita akan menguur garis lurus, miring, radius, atau diameter. Disini kita juga dapat mengatur bentuk keluaran dimensi, seperti iso, din atau custom sesuai kebutuhan.

Modify


Modify juga termasuk toolbar penting, karena disini kita bisa mengedit hasil gambar kita. Seperti menggandakan, mencermin, menggandakan secara sejajar / polar, memutar, membuat chamfer, dan lain-lainnya dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Properties


Dengan menggunakan toolbar propertis, dapat kita gunakan untuk mengatur warna, jenis, dan tebal dari sebuah garis.


Shade


Dengan melihat lambang toolbar diatas kita pasti sudah mengerti kalau shade digunakan untuk menampilkan gambar 3 dimensi kita seperti wirefram (hanya garis), atau solid (seperti benda nyatanya).


Solids editing
               

Berfungsi dalam pengeditan benda 3d. seperti penggabungan 2 benda, penebalan(extrude),  hingga pewarnaan.

Solids


Jika solids editing digunakan untuk mengedit maka solids digunakan untuk membuat benda 3d (cube, cone, dll) juga dapat digunakan untuk menebalkan/ memutar(revolve).
standard


digunakan untuk pengeditan sederhana seperti memotong, undo, redo, zoom ataupun membuka file hingga melakukan printing.
Text


Tentunya untuk membuat objek berupa teks atau tulisan
UCS

Komponen terpenting dalam penggambaran 3d. karena dengan ucs kita dapat menentukan posisi sket dan arah penebalan(extrude).

No comments:

Post a Comment